RSS

5 love languages

06 Dec

5 love languages ini dikutip dari Gary Chapman dan sangat berguna sekali untuk yang ingin membangun hubungan entah masih pacaran atau yang sudah menikah..

1. Kata-kata peneguhan

ada orang yang bertipe senang dipuji. Begitu lah orang yang memiliki bahasa cinta tipe ini. Ia senang dengan kata-kata romantis, pujian, ungkapan dengan suara lembut. Perhatikan pasangan anda, apakah ia senang ketika anda mengucap kata-kata romantis, pujian, ungkapan-ungkapan atau justru sebaliknya?..

2. Kehadiran

Orang yang memiliki bahasa cinta ini cenderung tak menyukai hadiah atau semacamnya, sebab yang ia perlu hanya kehadiran dari pasangan terlebih kebersamaan. Adanya komunikasi yang baik merupakan salah satu ciri dari tipe ini. Perhatikan pasangan anda, apakah ia senang ketika anda sering menemuinya atau justru sebaliknya?..

3. Hadiah

Ada juga orang yang bertipe menyanyangi barang pemberian orang lain. Ia begitu senang ketika diberi hadiah apapun bentuknya (tidak harus selalu mahal) dan akan ia jaga sebaik-baiknya. Apakah pasangan anda begitu?..

4. Pelayanan

Ada orang yang cenderung memiliki bahasa cinta ini karena ia senang untuk melakukan pelayanan (melayani). Ketika di rumah sang pacar, ia bisa saja mengambil alih/membantu menyuci piring, menyapu atau hal-hal lain yang bersifat melayani. Atau ketika seorang wanita sudah berumah tangga selalu menyiapkan keperluan sang suami sebelum berangkat kerja. Bagaimana dengan pasangan anda?..

5. Sentuhan Fisik

Eits, jangan berfikir macam-macam dulu! Sentuhan fisik di sini dimaksudkan untuk orang yang mengungkapkan rasa sayangnya dengan bersentuhan seperti memegang tangan, mengelus rambut, ataupun menggenggam bahu. Apakah pasangan anda mempunyai bahasa cinta seperti ini?

Dengan mengetahui bahasa pasangan anda, anda akan lebih mudah “menyayangi” pasangan anda. Ada orang yang mempunyai bahasa cinta “kehadiran”, jadi memberi hadiah padanya mungkin tak ada gunanya karena ia bukan orang yang mempunyai tipe bahasa cinta “hadiah”.

Begitu juga ketika pasangan anda mempunyai bahasa cinta “kata-kata peneguhan”, tak ada gunanya melayani dia karena ia bukan orang yang mempunyai bahasa cinta “pelayanan”, yang ia butuhkan kata-kata peneguhan (kata-kata yang membesarkan hati, ungkapan-ungkapoan lembut) yang membuat dia nyaman bersama anda.

Tapi, jangan sampai salah menebak bahsa cinta pasangan anda!
Itu bisa berdampak buruk..
Seperti contoh, pasangan anda orang bertipe bahasa cinta “sentuhan fisik”, namun anda terus memberi dia “hadiah” ataupun “kata-kata peneguhan”, alhasil dia akan merasa tak nyaman dengan anda.

5 bahasa cinta ini bisa diterapkan pada siapa saja, termasuk orang tua dan sahabat anda.
Kenali bahasa cinta orang tua dan sahabat anda, lalu beri mereka  kebahagiaan dan kenyamanan bersama anda.

Semoga berguna!!

 
Leave a comment

Posted by on December 6, 2009 in Artikel, kasih sayang, Pengembangan Diri

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: