RSS

Ingin Membangun Komunikasi

18 Feb

Akhir-akhir ini gw lagi “keranjingan” hal-hal yang berbau Korea ataupun Jepang. Mempunyai teman yang mengerti hal-hal seperti itu tentu tidaklah susah buat gw untuk mencari tau. Mulai dari SNSD, Big Bang, Mblaq, 2PM, dan masih banyak lagi. Bahkan gw mulai mencari tau mengenai film-film korea yang memang sedang digemari di Indonesia.

Melihat hal itu, suatu pertanyaan dilontarkan oleh seorang teman. Kok lw jadi doyan begonoan?

Mulai mencari tau hal baru seperti itu tentu bukanlah suatu yang tanpa didasari alasan. Tentu gw punya alasan untuk itu, yaitu ingin membangun komunikasi dengan orang-orang yang “meng-gila-i” hal tersebut.

Gw mempunyai cukup banyak teman yang memang telah doyan hal-hal yang berbau Jepang dan Korea. Sering kali ketika gw bergabung dengan mereka, yang ada gw hanya jadi seorang pendengar. Mendengar celotehan mereka tanpa bisa ditimpal balik. Hal itulah yang mendorong gw untuk paling tidak mengetahui hal-hal yang berbau Jepang atau Korea.

Hakikat dari komunikasi adalah “KESAMAAN“. Kesamaan yang dimaksud bisa sama makna, sama arti, ataupun sama tujuan.  Ketika kita ingin membangun komunikasi dengan orang lain, maka perlu kita cari mengenai kesamaan tersebut. Hal itu sebenarnya telah diketahui tanpa disadari. Sering susahnya kita untuk mengajak orang lain berbicara atau berbincang dengan kita, ya karena kita belum mengetahui hal apa yang sama dari diri kita dengan orang yang kita ajak bicara. Tetapi, jika kita telah mengetahui hal apa yang sama dengan lawan bicara kita, tentu akan menjadi mudah membangun kominikasi dengan orang tersebut.

Ada suatu cerita di mana seorang kawan yang berasal dari tanah batak sedang mengenyam pendidikan di Inggris. Di sana ia merasa sendiri, bingung mengajak teman yang diajak bicara. Tapi, suatu waktu dia bertemu seorang mahasiswa asal Sulawesi. Walaupun tidak mengenal secara personal, mereka justru sangat asik ketika berkomunikasi. Mengapa? Hal itu terjadi karena mereka terikat akan kesamaan “SAMA-SAMA DARI INDONESIA”. Ketika sudah menemui kesamaan tersebut, komunikasi akan menjadi lancar dan menyenangkan.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai mengapa gw jadi doyan hal-hal yang berbau Jepang dan Korea. Ya, supaya gw bisa membangun komunikasi dengan mereka-mereka yang memang telah meyukai hal itu terlebih dahulu.

O ya, hal ini juga bisa menjadi panduan untuk mereka yang sedang ingin “PDKT” dengan lawan jenis. Bingung mengajak  do’i bicara? Gak tau apa yang mau diomongin? Langkah pertama, cari kesaamaan lw dengan do’i. Ajak do’i berbicara mengenai kesamaan tersebut. Langkah kedua, cari hal-hal yang disukai do’i. Hal itu akan membuat bahan komunikasi bertambah, karena ada hal ‘sama’ lainnya yaitu lw tau mengenai kesukaan do’i. Langkah selanjutnya, terserah anda.. hehe..

 
10 Comments

Posted by on February 18, 2010 in Artikel, komunikasi, Pengembangan Diri

 

Tags: , ,

10 responses to “Ingin Membangun Komunikasi

  1. agness

    February 19, 2010 at 11:10 am

    LIKE THISS dehh buatt yang inii !!
    gue SALUT sama lu do !! :DD
    lanjutkaaaann !! asal positiff gue dukung dahh !!😀
    haha ..

     
    • catatanrodes

      February 19, 2010 at 11:27 am

      kamsahamnida.. (bner gag tuh tulisannya?!!, maklum baru belajar bahasa korea.. hehe)^^

       
  2. Tomy Meilando

    February 20, 2010 at 2:39 am

    ia, ada benernya juga, saya sering mengalaminya ketika berkenalan dengan seseorang, terlebih dahulu yang di lakukan adalah mencari kesamaan, setelah itu barulah kesamaan itu menjadi bahasan yang seru untuk di perbincangkan,^_^

     
  3. Ruang Hati Blog

    February 20, 2010 at 8:05 am

    piawai komunikasi kunci memenangkan negosiasi

     
    • catatanrodes

      February 20, 2010 at 8:11 am

      Yaaapp..
      Bener bgt!!
      di zaman sekarang, semuanya gak lepas dari negoisasi..
      dan kuncinya ya komunikasi..

       
  4. darahbiroe

    February 20, 2010 at 9:37 am

    heheheh bener juga setujuhh dechh heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjunhgan baliknya makasih😀

     
  5. sunarnosahlan

    February 20, 2010 at 9:19 pm

    sehobi memang mendekatkan hubungan, mempermudah komunikasi

     
  6. catatanrodes

    February 21, 2010 at 12:53 am

    iyaa..
    komunikasi mendekatkan hubungan, walaupun belum dekat secara personal..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: