RSS

God Has A Best Way For You and Me

01 Mar

1 Maret 2009 yang lalu, gw inget kalo gw ngikut tes SIMAK yang diadakan Universitas Indonesia. Namun, belum rezekinya untuk kuliah di sana. Untuk posting yang sekarang, gw bakal sedikit cerita tentang pendidikan formal gw.

Masa sekolah dasar gw habiskan di 3 pulau berbeda. SD kelas 1 dan 2 gw habiskan di Timor Leste, dan di sekolah yang berbeda pula. Kelas 1 SD di SD Farol, 2 SD di SD Bebonuk. Karena kerusuhan yang terjadi di sana, kelas 3 SD gw pun pindah. Pulau Sumatera menjadi tujuannya. Medan tepatnya. 1 tahun gw habiskan di sana untuk meyelesaikan kelas 3 SD. SD Santo Yoseph nama sekolahnya. Kelas 4 SD sampai 6 SD dihabiskan di pulau Jawa, Bekasi tepatnya. SD Maria Fransiska nama sekolahnya. Prestasi gw biasa saja di sana. Cukup mencapai 10 besar sudah bisa membanggakn buat gw.

Nah, setelah menyelesaikan pendidikan dasar, pada awalnya tujuan untuk SMP adalah Jakarta. SMPN 109 atau 252. Sudah berusaha semaksimal mungkin, ternyata otak gw memang gak bisa masuk di sana. Alhasil, gw masuk SMPN 7 Bekasi. Pada saat itu, sebenarnya gw masih biasa aja dengan tidak diterimanya gw di SMPN Jakarta tersebut.

3 tahun di SMPN 7 Bekasi ternyata ada beberapa prestasi yang bisa gw ukir. Yang paling membanggakan buat gw adalah Juara Harapan 2 Siswa Berprestasi se-Kota Bekasi. Waw! Betapa bangganya gw! Ternyata dengan sekolah di sana gw bisa berprestasi, dan (mungkin) orang tua gw bangga akan hal itu, walaupun mereka gak pernah menyiratkan secara langsung. Di SMPN 7 juga, gw pernah dipercaya untuk mewakili sekolah lomba renang. Walaupun gak juara, tapi itu sudah suatu prestasi buat gw. Hal-hal tersebut mungkin belum bisa gw dapat jika sekolah di Jakarta. Ya, bagaimana pun gw mensyukuri hal itu. Prestasi akademik gw meningkat selama SMP. Peringkat 2 besar gak pernah lepas dari genggaman. Wah, jujur! Itu gak pernah terlintas di pikiran gw.

Setelah melewati masa pendidikan menengah, pikiran bercabang untuk melanjutkan pendidikan tingkat atas. Di Jakarta atau Bekasi? Orang tua memberi saran di Bekasi saja. Gw pun mengikutinya. Pada tahun kelulusan SMP gw, untuk masuk SMA negeri, menggunakan NEM sebagai patokannya. NEM gw kala SMP 26,73. Dan pilihan gw utnuk SMA adalah SMAN 2 dan SMAN 6. Sebenarnya gw cukup optimis untuk bisa masuk SMAN 2 Bekasi karena NEM dengan rata-rata di atas 8. H-1 sebelum pengumuman, batas NEM untuk masuk SMAN 2 adalah 26,60. Hati sudah deg-deg’an karena hampir menyentuh NEM gw. Ternyata pada hari H pengumuman batas NEM untuk SMAN 2 adalah 26,84. Hanya beda 0,13! Waw, nyesek!! Setelah SMP gw gak bisa di SMP incaran, ternyata SMA juga begitu. Akhirnya gw SMA di SMAN 6 Bekasi, yang batas NEMnya 25,80.

3 tahun di SMA 6 Bekasi hal yang ‘lebih’ gw dapat. Banyak hal yang gw dapat. Especially, dari Pramuka. 3 kali Juara Lomba Cepat Tepat (LCT) Pramuka sehingga bisa dapat Juara Umum Pramuka se-Kota Bekasi dan Karawang.  Bisa ikut Raimuna Daerah Jawa Barat (pertemuan pramuka se-Jawa Barat) 9-16 Juli 2007 , Satuan Protokoler Pramuka Kota Bekasi hingga jadi panitia Raimuna Cabang Kota Bekasi 2008. Waw, Pramuka memang membentuk diri gw hingga sekarang. Gw juga juara 1 LCT MIPA se-Bekasi. Di lomba itu gw beruntung dapat teman-teman hebat dalam kelompok sehingga bisa memenangi lomba tersebut.

Selepas SMA, tibalah pemikiran untuk kuliah. Banyak rancangan untuk kuliah di PTN. Namun, Tuhan berkehendak lain. Dari incaran-incaran PTN, tak ada satu pun yang tembus. Alhasil, PTS jadi sasaran. FE Universitas Trisakti jadi pilihan. Gw ambil akuntansi di sana.

Dari pilihan prioritas SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi gak ada yang nembus. Gw memang gak nembus di pilihan prioritas itu, tapi gw bisa dapat hal ‘lebih’ dari pilihan yang memang bukan prioritas. Tuhan bakal nunjukin jalan-Nya. Gw percaya selama kita memang sudah berusaha semaksimal mungkin, Tuhan pasti akan nunjukin jalan terbaik buat kita. Gw bertekad mengukir prestasi di Trisakti. Walaupun gw PTS, gw gak akan kalah dengan yang dari PTN.

God has a best way for you and me.. ^^

 
11 Comments

Posted by on March 1, 2010 in kampus, Motivasi, pendidikan, Refleksi

 

Tags: , , , ,

11 responses to “God Has A Best Way For You and Me

  1. UsupSupriyadi

    March 2, 2010 at 5:02 am

    nice, Tuhan tahu yang terbaik buat kita…

    selamat memukir prestasi di Trisakti….

     
  2. catatanrodes

    March 2, 2010 at 3:07 pm

    makasih yaa..

     
  3. tary curhat lagi

    March 3, 2010 at 3:36 am

    wowww….trisakti, dulu sempet punya cita-cita pengen kuliah di sana, tapi…..

     
  4. Ica a.k.a "Cadut"

    March 3, 2010 at 6:54 pm

    hahaayy,,

    asyik dh kta2ny, kren,,

    lw enak y,, yg bkn prioritas / target lw ad lbhny,, lha gw??,,

    udh gk pngen d stu,, ehh gk ad lbhny ap cba??,, brasa gk ad efek ap2 kcuali ttp bsa mmprthnkn prstasi krn d stu kn gmpng hhe,,

    congrats y bwt IPK lw!!, hha🙂

     
  5. Ica a.k.a "Cadut"

    March 3, 2010 at 7:08 pm

    oh iy sblm lpa nh,,

    jlas lah mama papa psti bngga sm lw,,

    scra lw kn anak slung yg ideal lg,,

    hhe,, kn udh sring th mama papa blng gni ” Lht dong itu abang klian,, tldn yg baik itu,, gk prng bkn mama papa emosi,, pnurut,, ap aj yg ad d mja mkan d mkan,, gk plh2 ”

    hhe,, jd udh jls lh mama papa psti bngga pny ank sulung kea lw,, ap lg td siang wkt lw sms gw nilai IPK lw,, papa blng ” Itu pmicu bwt klian biar nilai klian jg bgus kea abng,, ”

    gtu deh jd sdh jls bkn ?? hhe (ap dh gw?¿)

    Good Luck!!
    GBU & JLU ya,,

     
  6. catatanrodes

    March 4, 2010 at 2:03 am

    makasih,cha!!..^^

     
  7. idiotnesia

    March 9, 2010 at 4:51 pm

    SD nya di luar negeri.. wew.. sudah berpindah-pindah waktu kecil.. wew.. wew.. wew.. wew..

     
    • catatanrodes

      March 10, 2010 at 2:57 am

      hahaaa..
      kalau dulu belum luar negeri..
      waktu udah pindah dari sana, baru deh jadi luar negeri..

       
  8. theophilia

    January 26, 2012 at 8:10 am

    hai.. nice to see this blog..
    lucky me, akhirnya ketemu jg org yg pernah tinggal di dili..
    dulu sempet sekolah di sd 3 bebonuk ya? hmm gue jg pernah sekolah disana..
    keep posting🙂

     
  9. ewaldoapra

    January 31, 2012 at 7:37 am

    wah..
    1 almamater dong? ..😀

    terima kasih kunjungannya..🙂

     

Leave a Reply

 
