RSS

UAN

20 Mar

20-24 April 2009 yang lalu gw dan kawan-kawan seangkatan dihadapakan pada Ujian Akhir Nasional (UAN) SMA. Ujian penentu kelulusan yang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para siswa/i kelas 3 SMP dan SMA. Bagaimana tidak? Kelulusan dari hasil belajar 3 tahun hanya ditentukan dalam 5 hari ujian.

Masih banyak pro-kontra terhadap kebijakan ini. Mungkin karena gw pernah merasakan UAN, gw menjadi pihak kontra dalam hal ini. Perjuangan selama 3 tahun seolah tak berarti jika UAN tak lulus. Keringat yang dikeluarkan selama 3 tahun tak berarti dengan tak lulusnya UAN. Bisa dirasakan bagaimana rasanya jika tak lulus ujian tersebut.

Tak heran di koran-koran marak diberitakan mengenai kecurangan dalam UAN. Sekolah tentu ingin menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam meluluskan para siswa mereka. Tak kalah juga, para pemimpin-pemimpin daerah tentu ingin membuktikan daerah mereka yang terbaik dalam bidang pendidikan. Jadi, tak kaget kalau banyak berita kecurangan yang menghinggapi UAN.

Kemampuan pendidikan siswa di kota dan daerah tentu pula berbeda, sehingga UAN dirasa belum cocok menjadi penentu kelulusan para siswa/i di Indonesia. Untuk pemerintah, bukankah dana anggaran UAN bisa alokasikan untuk membenahi struktur pendidikan Indonesia terlebih dahulu? Lah ini, fondasi pendidikan di Indonesia saja masih amburadul, malah mau buat UAN sebagai penentu kelulusan.

Tahun ini UAN tingkat SMA akan diselenggarakan tanggal 22 Maret-26 Maret 2010. Gw berharap semoga para siswa/i dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Sehingga bisa lulus dengan nilai terbaik. Amin.

“Berbagai pendapat memang bisa dikemukakan. Semoga pemerintah dapat menemukan jalan terbaik untuk pendidikan di Indonesia agar tak kalah saing dengan negara lain.”

 
7 Comments

Posted by on March 20, 2010 in Artikel, Motivasi, pendidikan

 

Tags: , ,

7 responses to “UAN

  1. muhammad zakariah

    March 20, 2010 at 5:16 pm

    dgn adannya UAN, lebih byk dampak negatifnya dari pd positif.. terutama kecurangan yg terlalu byk.
    sudah terbukti banyak kecurangan yg dilakukan oleh siswa bahkan gurupun ikut membantu kecurangan itu. disisi lain dapat memaksa para pemangku kepentingan (pejabat daerah) beradu strategi untuk mendapatkan hasil yg terbaik walau didapatnya dengan cara curang. hal itu ditujukan untuk menaikkan citra pendidikan didaerahnya. :12:
    begitupun dengan seorang siswa yg cerdas dengan nilai rata2 yg tinggi dalam UAN itu. karena hanya salah satu mata pelajaran saja yg tidak lolos maka siswa cerdas itu terpaksa tidak lulus. percuma nilai rata2 tinggi tp 1 pelajaran doank yg membuat siswa gak lolos. inikan proses yg salah yg hanya mengedepankan standar kelulusan tapi sangat tidak teruji baik mental dan kualitas yg ada pada siswa. payah..

     
  2. kikakirana

    March 21, 2010 at 1:35 pm

    3 tahun di pertaruhkan dalam 1 hari😀

    HIDUP!!! ^_^

     
  3. Tomy Meilando

    March 24, 2010 at 12:57 pm

    Wah, wajar saja kalau curang, lha kalo gak lulus kan bisa berdampak buruk terhadap nama baik sekolah^^

     
  4. sunarnosahlan

    March 25, 2010 at 5:34 am

    setuju tidak setuju, bagi pelaku pendidikan yang langsung berhadapan dengan siswa tak ada pilihan kecuali tetap melaksanakan

     
  5. agoenk70

    March 25, 2010 at 11:05 pm

    semoga semuanya lulus yah amien.. sesuai harapan para siswa siswi dan tenu juga harapan orang tua murid semuanya.

     
  6. betty

    March 28, 2010 at 7:27 am

    betul…betul…betul…semoga lulus semua…

    salam kenal…

     
  7. ica a.k.a "cadut"

    March 28, 2010 at 3:33 pm

    blh aj sh ada UN utk mngetahui kmmpuan siswa/i ny tp jgn d jd in pnentu klulusn .. mw ny sh hrusny gtu aj ..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: