RSS

Monthly Archives: May 2010

Ketika UTS Menyerang


Huff..

2 minggu ini dipenuhi ama UTS, alhasil jarang0jarang updade di blog..

mau cerita-cerita nih tentang uts kemarin..

Kalau udanh denger kata “ujian”, entah kenapa barulah para pelajar (gw menitikberatkan di mahasiswa karena sekarang gw sedang menjadi mahasiswa) tersadar mengenai kewajibannya yaitu BELAJAR. Bahkan, masih H-2 minggu menjelang uts, para mahasiswa telah membentuk kelompok belajar untuk menghadapi UTS. Ngebentuknya sih H-2 minggu, belajarnya mah tetep ja H-1. Menjelang UTS, tempat fotokopy sekitar kampus mendadak rame untuk memfotocopy catatan teman. Menjelang waktu masuk kelas untuk ujian, di luar kelas banyak mahasiswa diskusi mengerjakan soal.

Itulah yang menjadi pertanyaan. Kenapa hanya belajar menjelang ujian? Terlebih ketika waktu sudah mepet. Seperti terprogram di otak, kalau mau ujian saja belajarnya.

Gak munafik, gw pun seperti itu. Bahkan gw baru belajar H-10 jam menjelang ujian. Bahkan ketika gw tanya beberapa teman yang lain, semuanya seperti itu! Belajar hanya menjelang ujian saja. Ironi? memang. Kalau kata bokap gw “tentara itu perlu latihan terus menerus sebelum perang yang sesungguhnya. Itu sama dengan mahasiswa. Belajar terus sebelum menempuh ujian. Gak mungkin tentara bisa menang perang kalau hanya latihan H-1 sebelum perang. Apalagi kalau perangnya dadakan. Gimana mau siap? Begitu juga mahasiswa!” Kata-kata bokap sering terngiang ditelinga. Tapi, hingga sekarang amat sulit diwujudkan.

Melihat kenyataan seperti itu, sepertinya mahasiswa balajar hanya untuk mencari nilai, bukan ilmu. Ya, hanya nilai tujuan utamanya. Padahal ilmu lah yang pada nantinya akan terpakai di masa depan, bukan nilai yang kita dapat waktu ujian. Alhasil, tak heran ketika mendengar banyak sarjana yang menganggur. Selain memang lapangan pekerjaan yang kurang, ‘label’ sarjana didapat hanya karena mengekjar nilai ketika kuliah bukan ilmu. Ya, ini memang cuma pendapat gw. Entah benar ataupun tidak. Yang sekarang terfikirkan oleh gw, gimana cara mengubah sistem belajar yang salah seperti itu..

 
5 Comments

Posted by on May 3, 2010 in kampus, pendidikan

 

Tags: , , ,