RSS

Ketika UTS Menyerang

03 May

Huff..

2 minggu ini dipenuhi ama UTS, alhasil jarang0jarang updade di blog..

mau cerita-cerita nih tentang uts kemarin..

Kalau udanh denger kata “ujian”, entah kenapa barulah para pelajar (gw menitikberatkan di mahasiswa karena sekarang gw sedang menjadi mahasiswa) tersadar mengenai kewajibannya yaitu BELAJAR. Bahkan, masih H-2 minggu menjelang uts, para mahasiswa telah membentuk kelompok belajar untuk menghadapi UTS. Ngebentuknya sih H-2 minggu, belajarnya mah tetep ja H-1. Menjelang UTS, tempat fotokopy sekitar kampus mendadak rame untuk memfotocopy catatan teman. Menjelang waktu masuk kelas untuk ujian, di luar kelas banyak mahasiswa diskusi mengerjakan soal.

Itulah yang menjadi pertanyaan. Kenapa hanya belajar menjelang ujian? Terlebih ketika waktu sudah mepet. Seperti terprogram di otak, kalau mau ujian saja belajarnya.

Gak munafik, gw pun seperti itu. Bahkan gw baru belajar H-10 jam menjelang ujian. Bahkan ketika gw tanya beberapa teman yang lain, semuanya seperti itu! Belajar hanya menjelang ujian saja. Ironi? memang. Kalau kata bokap gw “tentara itu perlu latihan terus menerus sebelum perang yang sesungguhnya. Itu sama dengan mahasiswa. Belajar terus sebelum menempuh ujian. Gak mungkin tentara bisa menang perang kalau hanya latihan H-1 sebelum perang. Apalagi kalau perangnya dadakan. Gimana mau siap? Begitu juga mahasiswa!” Kata-kata bokap sering terngiang ditelinga. Tapi, hingga sekarang amat sulit diwujudkan.

Melihat kenyataan seperti itu, sepertinya mahasiswa balajar hanya untuk mencari nilai, bukan ilmu. Ya, hanya nilai tujuan utamanya. Padahal ilmu lah yang pada nantinya akan terpakai di masa depan, bukan nilai yang kita dapat waktu ujian. Alhasil, tak heran ketika mendengar banyak sarjana yang menganggur. Selain memang lapangan pekerjaan yang kurang, ‘label’ sarjana didapat hanya karena mengekjar nilai ketika kuliah bukan ilmu. Ya, ini memang cuma pendapat gw. Entah benar ataupun tidak. Yang sekarang terfikirkan oleh gw, gimana cara mengubah sistem belajar yang salah seperti itu..

 
5 Comments

Posted by on May 3, 2010 in kampus, pendidikan

 

Tags: , , ,

5 responses to “Ketika UTS Menyerang

  1. ok

    May 6, 2010 at 9:51 am

    smoga uts nya lancar ya…😀 bagusnya nyari ilmu bkn nilai😀

     
  2. imonck

    May 11, 2010 at 2:42 am

    ane suka kata2 MAHASISWA KULIAH MENCARI NILAI!

    ngena banget nih… n sebagai mantan mahasiswa yang emang ga pinter2 daku sangat menyadarinya.. huhu… (T.T)

    met berjuang dah…

     
  3. sunarnosahlan

    May 24, 2010 at 4:44 am

    semoga memperoleh nilai yang sesusi dengan apa yang diharapkan

     
  4. kikakirana

    June 5, 2010 at 7:24 am

    kagak di update lagi kah blog na??
    ditungguin loh update an terbarunya….
    ayo donk update lagi…
    masih sibukkah…

     
    • catatanrodes

      June 7, 2010 at 4:20 am

      kika: iya nih.. blum smpet update2 lagi.. nunggu waktu kosong.. (berasa sibuk amat gw! hehe)..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: