RSS

Demam Sepakbola Nasional

27 Dec

Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini sedang keranjingan dengan sepakbola, terutama sepakbola nasional. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari wajah para punggawa timnas Indonesia muncul di layar kaca televisi, menghiasi koran-koran, hingga menjadi Trending Topic di salah satu situs jejaring sosial.

Berlebihan? Mungkin iya. Tengok saja hasil yang diraih Indonesia pada final leg 1 di Malaysia. Tim Garuda takluk 3 gol tanpa balas. Pelatih Timnas, Alfred Riedl pun mengakui bahwa pemberitaan berlebihan mengenai timnas dan ada nya politisasi dari timnas itu sendiri sangat mempengaruhi kinerja tim merah putih yang sedang dibesutnya.

Hampir seluruh lapisan masyarakat begitu percaya diri dengan hasil yang digapai tim Merah Putih dari babak kualifikasi grup hingga seminifinal. Nyaris tanpa cacat para petarung lapangan hijau Indonesia tersebut bermain. Statistik memasukan 15 gol dan hanya kebobolan 2 gol menjadi bukti sahnya. Namun sangat disayangkan justru di puncak perhelatan akbar sepakbola se-asia tenggara tersebut timnas bertekuk lutut di Malaysia 3-0. Memang baru pertandingan leg 1, tetapi di atas kertas cukup susah bagi Firman utina cs. untuk membalikkan keadaan.

Gw sesungguhnya gag menyalahkan timnas. Permainan timnas hingga menit 60 terbilang baik. Mereka bisa menyeimbangi gempuran para pemain Malaysia. Yang gw sayangkan adalah ulah suporter Malysia yang jauh dari sportifitas. Bayangkan saja, mana ada pemain yang bisa konsentrasi jika dirinya disorot dengan laser seperti yang dialami kiper timnas, Markus Horison? Gw salut dengan Markus yang berani tegas meminta pertandingan dihentikan karena ulah suporter tersebut. Pertandingan pun dihentikan kurang lebih 5 menit.

Setelah pertandingan dihentikan nampaknya konsentrasi pemain timnas berkurang bahkan merosot drastis. Kesalahan-kesalahan yang tak perlu mereka lakukan. Menurut gw itu suatu keadaan normal. Selama lebih dari setengah pertandingan mereka bermain baik dengan konsentrasi tinggi dan pertandingan dihentikan karena ulah laser. Sudah otomatis tingkat konsentrasi akan menurun dan itu yang terjadi pada pemain timnas. Mungkin para suporter Malaysia akan tertawa melihat ulah mereka berhasil menggoyangkan pertahanan Indonesia. Ya, para suporter Malaysia berhasil membuat koordinasi antar lini timnas Indonesia berantakan. Sudah pasti sunggingan senyuman menghiasi wajah mereka.

Bukan kali ini saja suporter Malaysia melakukan hal tersebut. Di semifinal, Vietnam pun mengalami nasib yang serupa dengan Indonesia. Entah fikiran apa yang berada di dalam benak suporter Malaysia. Yang pasti kemenangan tersebut diraih dengan cara yang tak baik. Kalaupun Malaysia juara, juaranya gag BERKAH.

29 Desember nanti masih akan diadakan pertandingan leg2 yang rencananya akan diadakan di SUGBK, Jakarta. Ya, kita sebagai masyarakat Indonesia tentu sangat berharap adanya keajaiban untuk para punggawa timnas Indonesia. Keep Fighting Indonesia!!


 

 
7 Comments

Posted by on December 27, 2010 in Artikel, Indonesia, olahraga, opini

 

Tags: , , ,

7 responses to “Demam Sepakbola Nasional

  1. dony arisandy

    December 27, 2010 at 5:44 am

    Berjuang terus Timnas Indonesia😀

     
  2. hudaesce

    December 27, 2010 at 10:07 am

    Sangat dikecewakan yach, ternyata pertandingan tadi malam Timnas Indonesia malah kalah. 😦

     
    • ewaldoapra

      December 27, 2010 at 5:06 pm

      yaa..
      timnas gag bisa disalahkan..
      toh mereka udah melakukan yang terbaik..
      sayang saja suporter lawan kurang bersahabat..

       
  3. Blognya anak padmanaba

    December 27, 2010 at 12:56 pm

    KECEWA BERAT KANG. AH KALAH, TAPI BESUK PASTI MENANG.AMIN,.BAWA PIALA KE TANAH AIR UNTUK SELAMANYA, SALAM :p

     
    • ewaldoapra

      December 27, 2010 at 5:06 pm

      AMIN!!
      #prayforIndonesia..

      SALAM..🙂

       
  4. celoteh

    December 29, 2010 at 2:53 pm

    garuda di dadaku,.. Garuda Kebanggaanku… Kuyakin hari ini pasti menanng…

    http://dindaagustriyana.wordpress.com/2010/12/29/garudadidadaku/

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: