RSS

Tag Archives: optimis

Masa Depan


Wahai orang muda,

Takutkah dirimu akan masa depanmu?

Cemaskah dirimu akan masa yang akan berbeda 180% dari kehidupanmu sekarang?

Takutkah dirimu tak bisa sesukses orang tua dan teman-temanmu?

Takutkah dirimu untuk bermimpi?

Cemaskah dirimu tak bisa menggapai mimpimu?

Cemaskah dirimu tak bisa membalas keringat orang tuamu?

Tak bergetarkah kakimu ketika melihat teman-temanmu sudah berlari kencang sementara engkau masih berdiam diri?

Tak gentar kah dirimu ketika melihat rekan-rekan sebayamu sudah hampir sampai di gerbang kesuskesan sementara dirimu masih berjalan tertatih menuju gerbang tersebut?

Tutup mata, mari kita berdoa..

Masa depan..

Engkau begitu indah..

Engkau begitu menarik..

Engkau begitu cemerlang..

Engkau pasti akan kuraih..

GOD, jangan biarkan kami diselimuti rasa ketakutan terhadap masa depan..

Ke dalam tanganMu, kami serahkan masa depan kami..

Amin..

Hari ini adalah hari ini. Hari esok adalah hari esok.

Tak perlu dirimu memikirkan hari esok,

karena hari esok akan memiliki kesusahannya sendiri..

Hari esok adalah perkara yang beda dengan hari ini.

Lakukan yang terbaik pada hari ini..

Agar hari esok dapat lebih baik dari hari ini..

*SELAMAT berjuang kawan! untuk MASA DEPAN GEMILANG!

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on June 5, 2011 in komunikasi, Motivasi

 

Tags: ,

Januari “Mencekam”


Sebuelumnya, Happy New Year 2011 yaa!! Wah, udah lama gag update blog karena terpotong liburan kemarin, gag nyentuh blog sama sekali deh.. Yaa, semoga tahun 2011 ini merupakan tahun yang baik di mana kesuksesan dan kebahagiaan selalu berada di sekitar kita.

Ngomong-ngomong soal liburan kemarin, kenapa gw gag update blog? Liburan ygl 29 Desember 2010-5 Januari 2011 kemarin, gw sekeluarga pergi ke Yerusalem untuk tour rohani, alhasil di sana gag bisa nyentuh blog sama sekali. Pengen banget cerita pengalaman di sana, tapi untuk sekarang gag dulu, nanti dikasih tau alasannya.

Kenapa judulnya Januari Mencekam? Gw masuk kuliah setelah liburan tgl 3 Januari. Well, gw baru bisa masuk tanggal 6 Januari karena tanggal 5 siang baru pulang. Alhasil, gw pun gag masuk kuliah 3 hari dan itu berarti banyak kuis dan tugas yang ketetr dan ketinggalan. Inilah kenapa mencekam. Di saat gw harus ikut kuis susulan dan mengejar tugas yang keteter, gw dihadapi kenyataan bahwa UAS akan dimulai tgl 12 Januari. Gw sebenarnya udah tau resiko yang dihadapi klo tour rohani gw baru selesai tanggal 5, tapi kenyataannya mental gw benar-benar diteror.

Lebay yaa? hehe.. 😀 tapi, begitulah yang gw rasain sekarang. Mencari dosen untuk kuis susulan hingga persiapan UAS hingga akhir Januari. Januari padat dan mencekam.

Itulah kenapa gw belum bisa nulis dan sharing pengalaman liburan kemarin. Really hope this January will be ended with a good story. Amin..

 

 
7 Comments

Posted by on January 9, 2011 in kampus, Motivasi, ucapan selamat

 

Tags: , , ,

Ketika Masalah Menimpa..


Sekarang, coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
– Mungkinkah guru memberikan ujian kepada anak didiknya tanpa menyiapkan jawabannya?
– Mungkinkah guru memberikan ujian tanpa mempersiapkan anak didiknya?
– Mungkinkah guru memberikan ujian anak SMA kepada anak SD?
– Mungkinkah guru tidak meluluskan anak didiknya yang mampu menjawab ujian?

Nah, guru saja begitu, apalagi Allah?
– Mana mungkin Allah memberikan masalah kepada Anda tanpa menyiapkan solusinya!
– Mana mungkin Allah memberikan masalah tanpa mempersiapkan Anda terlebih dahulu!
– Mana mungkin Allah memberikan masalah yang Anda tidak mampu mengatasinya!
– Mana mungkin Allah tidak mengangkat derajat Anda ketika Anda mampu mengatasinya!

Tetap Optimis…

Ippho Santosa
Penulis Mega-Bestseller, Penerima MURI Award, Pembicara di Indonesia & Singapura, Pemilik TK Khalifah

 
4 Comments

Posted by on July 19, 2010 in Kutipan, Motivasi, Pengembangan Diri, Refleksi

 

Tags: , ,

Catatan Kecil di Februari-Membuka Gerbang Maret


Tak terasa bulan ke-2 di tahun 2010 ini sudah usai. Pintu gerbang Maret sudah terbuka dan siap untuk dimasuki. Di akhir Februari ini gw mencoba untuk merefleksikan apa saja yang sudah gw lewati selama 1 bulan ini.

Semangat optimis keluar dari dalam diri gw ketika menyambut datangnya bulan Februari. Terbayang banyak hal yang akan gw lewati selama bulan ini.

Yang pertama, tentunya bertambahnya usia. Ada juga yang bilang, kalau ulang tahun berarti umur kita berkurang. Ya enggak ngaruhlah buat gw. Pada ultah gw, 6 Februari kemarin, anak-anak kelas XII IPA 5 (diberi nama:DJ Kids-nanti gw juga akan bercerita tentang mereka-) ngadain ngumpul-ngumpul setelah sudah cukup lama tak bertemu. Tapi,pertanyaannya “kenapa pas di ultah gw?” Acaranya mulai jam 14.00, alhasil gw cukup ngebut dari kampus yang notabene di Jakarta ke Bekasi. Gw memang rada telat ke sana. Waktu udah nyampe di sana, ternyata memang cukup rame di sana. Gw jadi teringat 1 tahun lalu. Gw dikerjain habis-habis’an ama anak DJ Kids di ultah gw yang ke-17. Berhubung depan sekolah gw (SMAN 6 Bekasi) adalah rawa dan kebun-kebun, habislah gw di situ. Guling-gulingan di tanah lumpur, nyemplung ke kali, berlagak ala tentara, sampai foto narsis gw di depan sekolah dengan keadaan tak memakai baju. Pengalaman tak terlupakan.

Kembali ke cerita reuni’an DJ kids. Gw jadi berfikir, apakah mereka akan ngerjain gw lagi? Tapi, pikiran itu gw tepis, positif thinking aja. Ternyata eh ternyata, setelah makan-makan, gw dikasih suprise kue ulang tahun. Ya, memang kecil, tapi bermakna dalam buat gw. Di saat gw terharu dengan pemberian kue tersebut, gw disuruh untuk makan kue itu. Gw disuapi oleh seorang teman. Tak disangka, ternyata kue tersebut sudah diberi TERASI! Ya, TERASI! Pedasnya gag nahan! Ternyata, DJ Kids ya tetap DJ Kids. Isengnya ada aja. Biarpun begitu, Thanks kawan! Pengalaman unik di usia 18!.. Bye-bye Seventeen..

Selama bulan Februari ini di kampus, gw ngikutin yang namanya semester pendek. Full 1 bulan, di mana pertemuan 3 kali 1 minggu yang mengakibatkan gw rada jenuh juga ketemu muka dosen yang itu-itu mulu. Tapi, sudah berlalu. Tinggal menunggu hasil dari semester pendek ini. 8 Februari dengan UTSnya, 25 Februari dengan UASnya. Ditambah tugas serta kuis-kuis yang tidak berkeprimanusiaan. Semoga hasilnya memuaskan. Amin.

Ya, di bulan ini juga gw diberi tahu IP gw. IP sementara setelah melewati semester 1. Berapa? Ok, gak perlu disebut di sini. Yang pasti, terlalu bagus untuk seorang waldo, jika melihat usaha yang gw keluarkan selama semester 1. Kalo kata orang-orang, GAK SEBANDING. Prinsip ekonomi terlalu melekat di diri gw (pengaruh nyokap orang batak?  maybe..hehe.. ). Usaha se-efektif mungkin untuk hasil semaksimal mungkin. Semoga di semester depan semakin baik. Amin.

Selepas UAS semester pendek, AK-2 bikin acara. Ya, semacam buat perpisahan gitu, karena di semester-semester berikutnya hampir tidak mungkin untuk sekelas lagi. Acara dari masak-masak, bbq’an, makan, nonton, ngobrol, bercanda, nyantai, dan banyak lagi, dilakukan tgl 25 Februari kemarin langsung setelah UAS. Seru juga ngeliat cewe-cewenya seolah menunjukkan kalo mereka benar-benar cewe dengan mengambil alih dapur untuk memasak. Ya, gw aku’in ternyata masakan mereka enak juga (kalo gw mah,semuanya diembat..hehe..). Buat anak-anak AK-2 tetap solid ya! Keep contact!

Di bulan ini, teman-teman gereja gw di Arnoldus-Bekasi (PASKA) lagi ngerencana’in buat bikin Jumpa Pelajar Siswa/i Katolik Bekasi. (Nah, gw juga akan bercerita mengenai kawan-kawan gw ini juga.. Nanti yaa..). Di PASKA sekarang gw diplot untuk jadi seorang pendamping. Mengingat periode 2008-2009 kemarin gw lah pengurus PASKA. Jadi, untuk periode 2009-2010 gw jadi pendamping mereka. Dikarenakan gw nge-kost, gw minta maaf banget kurang ngedampingi PASKA sekarang. Sorry banget ya! Tapi, gw bakal bantu apapun yang gw bisa.

Begitu juga dengan kawan-kawan Orang Muda Katolik (OMK) Gereja di Mikael-Kranji yang lagi pada sibuk-sibuknya ngurus ATOMIK. Sory ya, gag bisa bantu. Takut gak bisa bagi waktu. Tapi, gw bakal ikut acaranya. Hehe..

Di Mikael-Kranji, gw cuma bisa bagi waktu buat teman-teman Orang Muda Katolik (OMK) di wilayah St. Bernadeth, belum bisa ke tingkat paroki sekarang. 14 Februari kemarin, OMK bernadeth ngadai’in Valentine bareng. Berbagi kasih sayang bersama rekan-rekan. Bernadeth juga dapat giliran tugas koor (paduan suara) 28 Februari, misa jam 17.30. Ayo, semangat kawan dalam pelayanan kita!

Di penghujung bulan ini, gw juga dapat berita duka. Nenek dari  kawan gw di OMK Bernadeth,Zefo, menghembuskan nafas terakhirnya. Yang sabar,fo! God bless yaa..

Nah, segitu dulu catatan kecil gw di bulan Februari. Semoga dapat menjadi pelajaran yang baik.

Selamat datang Maret! I’m waiting your brightness!..

 
7 Comments

Posted by on February 28, 2010 in Motivasi, Refleksi, sahabat

 

Tags: , , , , , ,

Optimis


Di saat gw sedang mengikuti semester pendek di kampus, beberapa universitas justru sudah akan memulai perkuliahan untuk semester 2. Ya, di kampus gw terbilang susah untuk dapat libur..

Dengan akan dimulainya perkuliahan semester 2, gw melihat beberapa temen gw yang mengupdate status facebooknya dengan kalimat-kalimat yang pesimis untuk memulai perkuliahan semester 2 mereka.  Terkesan mereka takut untuk memulai semester 2 mereka. Sebagai contoh ada seorang kawan yang status facebooknya berkata,”Duh, kayaknya semster 2 suram nihh..“, atau ada juga “Takut nih buat mulai semester 2“. Ketika membaca status seperti itu, dalam hati gw berkata,”Ke mana semangat mereka? Sudah segitu seramkah semester 2 bagi mereka? Atau hanya ada rasa pesimis dalam benak mereka?”

Sedikit flash back..

Ketika itu tanggal 1-3 September 2008 ada acara gereja PERSINK Jakarta (Persaudaraan Siswa-Siswi Negeri Katolik Jakarta) di daerah Cisarua yang disebut dengan Rekoleksi Kepemimpinan Persink . Gw dan teman-teman dari PASKA Bekasi (Persatuan Siswa-Siswi Katolik Tingkat SMA se-Bekasi) diundang untuk ikut hadir dalam acara tersebut. Di sana terhitung lebih dari 100 siswa-siswi hadir.

Di acara tersebut kami dibagi dalam beberapa kelompok. Nah, gw dapat kelompok yang terdiri dari teman-teman SMA Jakarta yang notabene belum saling kenal. Pada malam tanggal 2, tiap kelompok diminta untuk menyuguhkan penampilan pada acara api unggun. Ketua kelompok gw, Reksa (SMA 26 Jakarta) mengusulkan kami untuk menampilkan drama percintaan yang diiringi dengan lagu-lagu. Kami hanya latihan sekadar saja. Serasa tak ada yang spesial, bahkan gw sedikit ragu untuk penampilan kelompok ini. Namun, Reksa berkata bahwa yakin aja!

Alhasil, penampilan kelompok kami terbilang bagus, walau hanya latihan sekedar saja, ditambah ada rasa pesimis, justru gw merasa sangat puas dengan penampilan kelompok kami. Dari situ gw belajar dari Reksa (yang jika dilihat dari kelas ketika itu dia di bawah gw, gw kelas XII, dia kelas XI) untuk berfikir optimis. Yakin untuk meraih hasil positif.

Setelah dari acara tersebut, gw selalu menghadapi sesuatu dengan rasa OPTIMIS. Tak peduli untuk hasil akhirnya nanti, yang penting kita sudah berusaha dan bersikap OPTIMIS.

Tularkan rasa OPTIMIS ke semua orang!!

Gw pun membuat suatu kutipan mengenai optimis..

dengan optimis, anda sudah meletakkan satu kaki anda selangkah di depan..



 
1 Comment

Posted by on February 23, 2010 in Artikel, Motivasi, Pengembangan Diri, Refleksi, sahabat

 

Tags: ,